Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kelengkeng ini banyak di gunakan masyarakat untuk menyembuhkan atau mengurangi berbagai macam penyakit, yang selama ini belum kita ketahui ini, aku yakin untuk anda yang pernah memakan buah yang satu ini tentu belum tentu Tau semua khasiat yang terkandung di buah yang satu ini, buah lengkeng memiliki kandungan sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan, sehingga buah ini bisa di sebut buah Kesehatan.

Buah Kelengkeng memiliki nama Latin Dimocarpus logan dan kadang akrab di panggil dengan nama Lengkeng, kadang buah ini di kenal juga dengan buah Mata Kucing, Buah lengkeng berbentuk bulat dengan ukuran kurang lebih sebesar kelereng. Pada pertumbuhannya, buah ini bergerombol pada malainya. Kulit buah berwarna cokelat muda sampai kehitaman dengan permukaan agak berbintil-bintil, dengan daging buah yang berwarna putih bening dan berair. Nah setelah kita mengetahui ciri-ciri dari buah yang satu ini, kini kita tahu beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan.

Hilang nafsu makan, limpah lemah dan diare
Makanlah 60 gram buah lengkeng segar, lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam.

Luka bakar
Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak tung (Aleuritis fordii). Bubuhkan pada bagian yg terbakar.

Luka luar yang tak kunjung sembuh
Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak zaitun. Oleskan di daerah yang luka.

Jari kaki gatal dan bernanah
Ambil beberapa biji lengkeng, panggang di atas api. Tumbuk sampai halus, sebarkan di bagian yang sakit.

Amnesia, Penurunan Mental, Kecemasan (anxiety)
“Tonik lengkeng” (gui yan gao): 500 gram buah lengkeng segar dan 500 gram gula pasir, didihkan dalam airhingga menjadi kental. Diminum tiap hari satu sendok.

Badan lemah atau memperbaiki barat badan setelah sakit
Konsumsi 250 gram buah lengkeng segar setiap hari.

Lemah dan kurang tenaga saat hamil
Minumlah setiap hari satu sendok “tonik lengkeng” pada pagi dan malam hari.

Leave a Reply

%d bloggers like this: