Manfaat Dan Khasiat Buah Duku

Buah Duku merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara Bagian barat, buah Duku ini memiliki banyak sekali banyak ragamnya seperti Langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain, buah ini merupakan buah suku Meliaceae. Banyak yang beranggapan jika buah ini merupakan buah yang mempunyai kandungan yang pahit saat di makan, Terang saja jika Biji dari buah duku ini tergigit memang akan terasa pahit.

Namun siapa yang menyangka Ternyata Buah yang satu ini mempunyai manfaat yang berguna bagi manusia. Buah ini mempunyai manfaat yang sangat berguna bagi manusia, namun belum banyak orang yang memanfaatkan buah duku ini, Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat buah duku antara lain sebagai berikut.

  1. Memperlancar sistem pencernaan. Karena buah Duku mengandung dietary fiber atau serat yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.
  2. Sebagai Obat Cacingan, menurunkan demam panas, serta membantu mengurangi diare.
    Caranya : ambil Biji buah duku, kemudian tumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air. Minum secukupnya sesuai kebutuhan. setelah itu kita minum, satu kali sehari, sekali minun seperempat gelas.
  3. Menguatkan gigi. Karena buah duku mengandung fosfor yang baik untuk gigi.
  4. Mengobati gigitan serangga berbisa gigitan serangga berbisa, malaria, dan obat disentri. Caranya : Ambil tepung kulit kayu buah duku, yang dimaksud dengan tepung kulit kayu duku adalah sejenis serbuk putih yang biasanya menempel dikulit kayu buah duku.Setelah diambil kemudian oleskan tepung kulit kayu buah duku tersebut kebagian tubuh kita yang tergigit atau tersengat kalajengking.
  5. Sebagian orang juga percaya, benalu pohon buah duku dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker
  6. Untuk Mengusir Nyamuk. Kulit buahnya  dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan cara dikeringkan kemudian dibakar.

Leave a Reply

%d bloggers like this: