Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Jambu Biji , buah ajaib yang akrab dalam kehidupan kita , memiliki beberapa manfaat kesehatan. Buah ini sangat kaya vitamin C dan beberapa mineral yang mampu menangkal berbagai penyakit degeneratif, serta menjaga kebugaran fisik. Daun dan kulit kayu mengandung zat antibakteri yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Pohon jambu yang bercabang tanaman semak. Bagian dari tanaman ini sering digunakan untuk berbagai tujuan, kulit, daun dan buah.

Pemanfaatan kulit kayu dan daun dalam bidang kesehatan memiliki sejarah panjang dan masih berlanjut hingga hari ini. Daun jambu biji sering digunakan untuk pengobatan diare, gastroenteritis dan keluhan lain yang berhubungan dengan pencernaan. Daun jambu biji kaya akan flavonoid, khususnya quercetin. Senyawa ini memiliki aktivitas antibakteri dan berkontribusi terhadap efek antidiare. Polifenol yang ditemukan pada daun diketahui memiliki aktivitas antioksidan.

Sama seperti daun jambu biji,  kulit batang tanaman ini memiliki aktivitas antibakteri. Ekstrak dari kedua bagian tanaman ini beracun in vitro terhadap beberapa bakteri penyebab diare, seperti Staphylococcus, Salmonella, Shigella, Bacillus, Escherichia coli, Clostridium, dan Pseudomonas. Bagian terpenting dari tanaman jambu biji adalah buah. Buah jambu biji dapat dikonsumsi dalam bentuk segar atau diolah menjadi berbagai produk seperti selai,jell, pasta dan jus.

Buah jambu biji dikatakan sangat istimewa karena memiliki kandungan tinggi nutrisi, seperti vitamin C, potasium, dan zat besi. Selain itu, juga kaya akan zat non – gizi seperti serat makanan, komponen karotenoid dan polifenol. Buah jambu biji bebas dari asam lemak jenuh dan sodium, rendah lemak dan energi, tetapi tinggi serat. Kandungan vitamin C buah jambu biji sekitar 87 mg, dua kali lipat dari jeruk manis (49 mg/100 g), lima kali lebih tinggi dari jeruk, serta delapan kali, dari lemon (10,5 mg/100 g). Dibandingkan jambu, kadar vitamin C dalam jambu biji jauh lebih besar, yaitu 17 kali lebih tinggi daripada jambu air (5 mg/100 g). Adapun manfaat jambu biji merah untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

  1. Jambu biji rendah  akan kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting diantaranya, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Buah ini sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), yang baik untuk memperlancar pencernaan. Serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.
  3. Jambu biji adalah sumber antioksidan dan vitamin C, menyediakan lebih dari tiga kali dari kebutuhan asupan harian. Kulit Luar jambu biji mengandung tinggi vitamin C daripada bagian tengahnnya.
  4. jambu biji kaya akan astringent yang bersifat alkali dan memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare atau disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba. Lebih lanjut, nutrisi lain dalam jambu biji, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.
  5. Vitamin B pada jambu biji memainkan peran penting dalam kesehatan fungsi otak. Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin B3,dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf.
  6. Studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C secara rutin membantu tubuh menjadi lebih kuat melawan infeksi, penyebab kanker serta radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.
  7. Buah jambu biji merupakan sumber Vitamin-A dan flavonoid seperti beta-karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan. vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir tetap sehat dan untuk kulit. Konsumsi buah-buahan alami kaya akan karoten dikenal untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.
  8. Studi menunjukkan bahwa likopen dalam jambu biji muda dapat mencegah kerusakan kulit dari efek sinar UV dan memberikan perlindungan dari kanker prostat.
  9. Jambu biji segar sangat kaya akan kalium, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan pisang per 100 g berat buah. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  10. Jambu biji juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6 (pyridoxine), vitamin E dan K, dan mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor rekan untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.
  11. Walaupun belum ada penelitian yang pasti mengenai manfaat jambu merah biji untuk mengobati demam berdarah ( DBD ), namun banyak yang mempercayai jambu biji merah dapat meningkatkan trombosit darah pada penderitan demam berdarah. kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada jambu biji merah dapat membantu mempercepat proses penyembuahn pada oarang ya sakit tanpa menyebabkan efek samping.

Sangat banyak manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan, disamping mudah didapatkan dimana saja dan tentu saja harganya yang murah. Buah jambu biji merah dapat dikonsumsi secara langsung, atau yang paling banyak dijadikan jus jambu biji merah.

Leave a Reply

%d bloggers like this: