Manfaat Buah Blewah Bagi Kesehatan

Buah Blewah

Pada bulan puasa, buah blewah memang menjadi daya tarik tersendiri. Buah yang segar yang memiliki aroma harum ini tentu sangat menggugah selera, apalagi diminum pada saat berbuka puasa. Rasa dahaga seharian karena puasa pasti akan hilang dan lenyap. Buah blewah ini merupakan buah yang masih satu kerabat dengan buah melon dan juga termasuk buah yang ditunggu ketika berbuka.  Buah blewah bukan hanya bisa dibikin sebagai es segar, melainkan banyak olahan lain yang bisa dicoba dengan bahan dasar blewah seperti pudding, jus, koktail, atau mungkin dimakan begitu saja sebagai buah pencuci mulut.

Buah yang sering dijumpai di Asia Tenggara ini memang bisa disebut sebagai buah primadona bulan ramadhan sebab buah ini memang sering muncul pada saat bulan ramadhan dan sangat cocok sekali untuk menu berbuka puasa. Buah blewah yang memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga sangat baik sekali untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang karena telah puasa seharian. Selain itu, nutrisi-nutrisi yang ada buah blewah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Blewah memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti kalori, karbohidrat, vitamin C, vitamin A, betakaroten, serat, potasium, kalsium, niasin, fosfor, dan zat besi. Agar kandungan-kandungan dalam blewah bisa bermanfaat, lebih baik konsumsi atau olah blewah setelah dikupas, sebab seperti yang diketahui bahwa vitamin C merupakan vitamin yang mudah rusak ketika terkena udara. Dengan kandungan buah blewah yang begitu banyak, tentu khasiat dan manfaatnya juga tidak kalah banyak, berikut ini adalah manfaat buah blewah bagi kesehatan.

  • Menyehatkan mata

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A merupakan cara terbaik untuk selalu menjaga kesehatan mata. Buah blewah juga merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak sehingga sangat baik untuk kesehatan mata, serta kandungan betakarotennya juga mampu untuk mencegah serangan radikal bebas.

  • Menurunkan tekanan darah

Bagi penderita hipertensi bisa memanfaatkan buah blewah untuk membantu mengatasinya sebab kandungan kalium dan potasium dalam blewah mampu mengontrol dan menurunkan tekanan darah.

  • Antioksidan

Betakaroten dalam buah blewah yang cukup tinggi mampu mencegah terjadinya kanker dan penuaan dini serta bisa mengurangi alergi seperti oksalat dan purin.

  • Sumber folat

Asam folat merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu perkembangan janin supaya lebih sehat. Dalam blewah terdapat kandungan folat yang cukup sehingga cukup baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

  • Aman dikonsumsi penderita diabetes

Blewah merupakan buah yang memiliki kandungan gula alami sehingga sangat aman jika dikonsumsi bagi penderita diabetes.

  • Baik dikonsumsi bagi penderita radang ginjal

Kandungan kalium dalam buah blewah mampu membantu meningkatkan fungsi limpa dan ginjal. Selain itu buah blewah juga baik untuk menurunkan suhu tubuh dan menghilangkan panas dalam.

Leave a Reply

%d bloggers like this: