Manfaat Jambu Air bagi Kesehatan

Tanaman ini sering ditanam di pekarangan-pekarang rumah dan bahkan di beberapa daerah di Indonesia hampir setiap rumah memiliki tanaman buah ini. Hal itu memang tidak terlalu mengherankan, karena jambu air memang berasal dari Asia Tenggara dan kemudian tersebar luas hampir di seluruh nusantara. Buah ini sangat mudah dijumpai, harganya murah, dan bisa dikonsumsi secara langsung. Atau terkadang ada juga yang dibuat sebagai manisan, campuran salad, rujak, dan lain-lain.

Banyak sekali varian dari jambu air ini. Namun berdasarkan ukuran, jambu air di bagi menjadi 2, yaitu jambu air kecil atau Syzgium quaeum dan jambu air besar atau Syzgium samarangense. Contoh dari jambu air yang tergolong kecil ialah jambu air kancing, mawar, camplong, manalagi, lonceng, dan lain-lain. Sedangkan yang masuk dalam golongan jambu air besar ialah jambu air apel, lilin, kaget, dan cincalo.

Seperti pada umumnya bahwa hampir semua buah memiliki kandungan di dalamnya. Tidak terkecuali buah jambu air ini. Jambu air juga memiliki kandungan yang tentunya memiliki manfaat bagi kebaikan tubuh, diantaranya air, kalori, karbohidrat, protein, kalsium, besi, magnesium, fosfor, potasium, zinc, sodium, tembaga, mangan, vitamin A, vitamin C, thiamin, niacin, dan riblovon. Berikut adalah manfaat jambu air bagi kesehatan.

  1. Mencegah dehidrasi

Jika kita mengkonsumsi buah ini, air yang dikeluarkan cukup banyak. Karena memang jambu air memiliki kandungan air yang cukup tinggi, yakni dari 100 gr buah jambu air bisa memiliki kandungan mencapai 93% sehingga sangat cocok untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Kandungan air yang melimpah dalam buah jambu air ini juga bagus untuk menjaga kesehatan ginjal dan pencernaan serta bisa meningkatkan rasa mood atau bahagia bagi yang mengkonsumsinya.

  1. Meningkatkan kesuburan

Mungkin masih jarang mendengar bahwa jambu air bisa menjaga dan meningkatkan kesuburan bagi pria. Jambu air yang memiliki kandungan vitamin C yang dikenal sebagai antioksidan bisa menjaga kesehatan sel-sel tubuh, termasuk menjaga kesehatan sel-sel sperma yang telah rusak.

  1. Menjaga kesehatan mata

Setelah kemarin kita membahas tentang bagaimana cara menjaga kesehatan matadengan bahan-bahan yang alami, ternyata ada bahan alami lain yang bisa dipakai yaitu buah jambu air. Jambu air juga memiliki vitamin A, yang mana seperti yang kita ketahui bersama bahwa vitamin A merupakan vitamin yang baik yang sangat dibutuhkan oleh mata. Ketika Anda merasa lelah atau cepek karena terlalu lama beraktivitas di depan komputer, Anda bisa mengkonsumsi buah ini untuk mengatasinya.

  1. Untuk kecantikan

Selain kita mendapatkan kesehatan dari buah ini, ternyata buah ini juga bisa mendatangkan kecantikan bagi yang mengkonsumsinya. Hal itu disebabkan karena buah ini mengandung vitamin C. Vitamin ini selain untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit juga dikenal untuk meremajakan kulit dari dalam.

  1. Mencegah diare

Mencegah dan mengatasi diare dengan bahan alami yang familiar di sekitar kita biasanya adalah daun jambu biji. Akan tetapi, ekstrak jambu air ternyata juga bisa mencegah datangnya diare. Selain itu bunga buah ini juga bisa untuk menurunkan demam dan panas pada anak-anak.

Leave a Reply

%d bloggers like this: