Khasiat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan

bengkoang

Berbicara tentang buah yang satu ini Sudah barang tentu untuk anda masyarakat indonesia, akan sangat kenal dengan buah yang memiliki Rasa yang Khas serta beraroma Khas bengkoang. Ngomongin tentang buah yang satu ini tentu akan mengingatkan akan masa kecil yang mana dahulu selalu mencicipi buah yang satu ini, Namun siapa sangka Di balik buah yang sederhana ini Ternyata memiliki manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan kita. Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu. Berikut ini adalah beberapa khasiat buah bengkoang untuk kesehatan.

1. Bengkoang dapat mengurangi produksi asam lambung

Bengkoang mempunyai sifat alkali yang berfungsi sebagai pendingin atau penyerap asam lambung dengan cepat.

2. Bengkoang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes / kencing manis

kandungan inulin yang terdapat dalam bengkoanglah yang membuat bengkoang terasa manis. Inulin tidak dapat dicerna oleh enzim dalam usus manusia sehingga mampu menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap normal meskipun rasanya manis.

3. Bengkoang dapat mengobati sariawan dan sebagai antioksidan

Kandungan vitamin C dalam bengkoang sangat baik untuk antioksidan maupun sebagai obat sariawan. Selain itu bengkoang juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda.

4. Bengkoang dapat memperlancar pencernaan

Inulin dalam bengkoang mempunyai sifat sebagai serat makanan, sifat ini berpengaruh pada fungsi usus dan perbaikan parameter dalam darah. Sehingga bengkoang sangat baik untuk memperlancar pencernaan.

5. Bengkoang dapat menyehatkan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dan kalsium dalam bengkoang sangat baik utnuk pertumbuhan tulang dan gigi.

6. Bengkoang dapat mengurangi efek menopause (kerutan / keriput)

Untuk mengurangi kemungkinan terkena efek menopause tubuh membutuhkan fitoestrogen, dan fitoestrogen ada dalam bengkoang. Mengkonsumsi fitoestrogen yang cukup akan membuat kulit anda tetap sehat dan segar.

7. Bengkoang dapat mengobati beri-beri

Kandungan vitamin B1 pada bengkoang dapat mencegah penyakti Beri-beri.

8. Masker Bengkoang dapat menghilangkan noda hitam dan flek pada wajah

Bengkoang dapat menghilangkan noda hitam/flek pada wajah anda.  Untuk penggunaannya cukup parut bengkoang dan haluskan kemudian dijadikan masker.

9. Bengkoang dapat memperlancar ASI

Dan manfaat terbaru Bengkoang yang di temukan oleh pemuda dari daerah Nganjuk yang bernama Nur Alim. ketika itu salah salah satu keponakannya yang seusai melahirkan namun  ASI tidak dapat keluar sudah berbagai cara telah dilakukan dari meminum obat-obatan dan segala macam alternatif. Nur Alim akhirnya mencoba memberikan Bengkong kepada keponakanya Wallahu Alam seketika itu ASI dari keponakanya itu keluar Ibarat air keran yang mengucur deras. yang mana Bengkoang juga dapat menyuburkan ASI pada Ibu.

Walaupun umbinya dapat dimakan, bagian bengkuang yang lain sangat beracun karena mengandung rotenon, sama seperti tuba. Racun ini sering dipakai untuk membunuh serangga atau menangkap ikan, terutama yang diambil dari biji-bijinya. Meski beracun, biji bengkuang pun dapat dijadikan bahan obat. Biji yang ditumbuk dan dicampur dengan belerangdigunakan untuk menyembuhkan sejenis kudis. Sementara, di Jawa Tengah, setengah butir biji bengkuang dapat digunakan sebagai obat urus-urus. Keracunan biji bengkuang biasanya diatasi dengan meminum air kelapa hijau dan dapat digunakan untuk mempelancar buang air besar karena buah bengkuang mengandung serat yang lebih tinggi daripada mangga.

Leave a Reply

%d bloggers like this: