Cerdas Kenali Gejala Alergi Si Kecil

penyebab alergi kulit pada anak

Anak – anak memang rentan terhadap berbagai hal, terutama yang berhubungan dengan kekebalan tubuh. Anak – anak cenderung rentan terhadap lingkungan sekitar sehingga berpengaruh pada kesehatannya. Alergi adalah salah satu hal yang bisa menyerang si kecil kapan saja. Penyebab alergi kulit atau anggota tubuh lain pun ada berbagai macam. Sebagai seorang ibu, tentu kita harus cerdas dalam mengenali gejala alergi pada anak, sehingga kita dapat mengetahui dengan pasti langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk meringankan gejala alergi tersebut. oleh sebab itu, meyediakan berbagai perlengkapan P3K adalah hal yang sangat penting dan harus selalu tersedia di rumah, sehingga kita tidak selalu buru – buru mendatangi dokter.

Penyebab alergi kulit secara umum bisa di sebabkan oleh berbagai hal, seperti faktor lingkungan. Lingkungan yang terlalu panas bisa saja menimbulkan alergi kulit seperti biang keringat. Sebaliknya, lingkungan yang terlalu dingin bisa menyebabkan alergi seperti bersin dan batuk. Alergi juga bisa ditimbulkan dari benda tertentu, misalnya alergi terhadap bulu. Selain itu, makanan juga bisa menimbulkan alergi tertentu yang bisa menyebabkan kulit terasa gatal atau panas.

Ciri atau gejala alergi yang patut anda ketahui terjadi pada anak diantaranya:

Bentol – bentol pada kulit. Gejala ini sangat umum terjadi. Biasanya setelah menghadapi kondisi tertentu kulit anak akan menjadi bentol dan kemerahan yang cukup banyak. Bentol pada alergi umumnya cukup banyak dan terdapat pada beberapa bagian tubuh.

Mata merah dan berair. Jika anda menemukan mata anak anda memerah dan berair, sebaiknya anda waspada akan timbulnya alergi tertentu.

Pilek dan bersin – bersin. Jika pilek dan bersin pada anak terjadi dalam jangka waktu lama dan atau terus berulang – ulang sepanjang tahun, maka berhati – hati dengan resiko alergi yang mungkin terjadi.

Tenggorokan dan mulut terasa gatal. Jika anak merasa ada sesuatu yang mengganjal pada tenggorokan dan disertai dengan gatal yang cukup meresahkan, maka berhati – hati terhadap resiko alergi yang mungkin ditimbulkan.

Jika anda menemukan gejala – gejala tersebut dan tidak mereda meskipun sudah diberikan obat, maka segera bawa anak anda ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Leave a Reply

%d bloggers like this: