Makanan Penurun Darah Tinggi yang Harus Anda Ketahui

makanan penurun darah tinggi

Darah tinggi adalah penyakit yang tidak asing lagi bagi kita. Mungkin teman, orang tua atau saudara kita ada yang memiliki penyakit ini. Perlunya pengetahuan kita tentang penyakit darah tinggi dapat membuat kita lebih paham dan dapat membantu pada teman, orang tua maupun saudara kita yang memiliki atau menderita hipertensi alias tekanan darah tinggi agar bisa sembuh dan terhindar dari penyakit. Memang sudah terkenal, untuk menghindari darah tinggi adalah hindarilah konsumsi garam ataupun makanan asin secara berlebihan. Dengan mengurangi asupan garam dipercaya dapat menghindari dan menstabilkan tekanan darah. Memang mau tidak mau bagi penderita darah tinggi, makanan apapun akan terasa lebih hambar karena garam yang biasanya sesuai ukuran takarnya, kini harus dikurangi. Meski begitu, perlu juga diketahui bahwa tidak selamanya anda harus bergantung pada pengurangan takaran garam dari makanan anda, Berikut ini merupakan beberapa makanan untuk penurun darah tinggi.

1. Pisang

pisang, makanan penurun darah tinggi

Pisang mengandung kandungan gizi yang bagus, bukan hanya anak kecil saja dan perenang saja ternyata yang suka dan dianjurkan makan pisang. Ternyata bagi penderita darah tinggi, kandungan kalium pada pisang terkenal dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan mineralnya mampu menyeimbangkan efek garam pada tubuh dan memperbaiki fungsi ginjal dengan baik.

2. Putih telur

putih telur, makanan penurun darah tinggi

Para atlet, terutama binaragawan sangat diharuskan untuk konsumsi telur setiap harinya untuk menjaga bentuk tubuhnya. Namun ternyata juga menurut beberapa penelitian, putih telur yang dimiliki pada telur tidak hanya tinggi protein, selain itu juga mengandung peptide yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bahan bakunya mudah di dapat dan mudah di olah untuk dijadikan obat penurun darah tinggi.

3. Tomat

tomat, makanan penurun darah tinggi

Berdasarkan studi, tomat yang kaya dengan lycopene telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak harus makan tomat saja, namun tomat juga dapat anda buat jus ataupun dicampur dengan masakan anda, saus spaghetti ataupun makanan variasi lainnya. Jadi tidak hanya untuk kesehatan kulit dan obat sariawan saja fungsi atau manfaat dari lycopene buah tomat.

4. Dark chocolate

dark chocolate, makanan penurun darah tinggi

Makanan enak in dapat dikonsumsi setiap hari. Dengan antioksidan dapat dijadikan obat awet muda dan meningkatkan suasana hati. Berdasarkan survey ada beberapa orang mengalami penurunan hipertensi setelah rutin mengkonsumsi dark coklat ini 30 kalori per hari selama 3 minggu .

5. Semangka

semangka, makanan penurun darah tinggi

Buahnya yang segar dan banyak mengandung air, menjadikan semangka sebagai salah satu buah pilihan kebanyakan orang untuk mengkonsumsinya dan menjadikan buah semangka sebagai buah pilihan untuk memenuhi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbicara mengenai khasiat semangka, berdasarkan penelitian buah ini merupakan sumber alami dari L Citrulline yang bermanfaat untuk membantu mengatur aliran darah dan tekanan darah. Selain itu asam amino yang terdapat didalamnya dapat memiliki efek perlindungan, mencegah pra hipertensi yang bisa menjadi hipertensi akut.

6. Hisbiscus tea

teh herbal, makanan minuman penurun darah tinggi

Berdasarkan penelitian setelah mengkonsumsi dan menghirup tiga cangkir sehari teh herbal ini selama 6 minggu peserta dengan hipertensi dapat terlihat penurunan tekanan darah sistolik mereka.

Itulah beberapa makanan penurun darah tinggi. Sebagai pelengkap, kurangilah pula asupan gula anda untuk menjaga kestabilan tubuh, bayangkan ketika anda bisa menjaga tekanan darah tinggi anda dengan menjaga asupan garam dan ditambah lagi anda bisa menjaga diri anda dari penyakit gula dan diabetes dengan selalu mengkontrol asupan gula anda pastinya hidup anda akan bahagia. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: