5 Cara Ampuh Atasi Nyeri Datang Bulan

5 Cara Ampuh Atasi Nyeri Datang Bulan

Siklus menstruasi bulanan memang menjadi hal yang sangat wajar bagi seorang wanita, khususnya mereka yang masih dalam masa subur. Hanya saja pada beberapa orang hal ini tak lagi menjadi sesuatu yang normal saat nyeri yang berlebihan datang menyerang. Umumnya memang hal yang biasa saat menstruasi mengalami beberapa rasa nyeri seperti pada bagian punggung hingga perut bawah yang sakit. Hanya saja patut diwaspadai bagi Anda yang mengalami rasa sakit berlebihan hingga menyebabkan pingsan.

Nyatanya hal semacam ini tak hanya dialami oleh satu dua orang wanita saja, melainkan banyak hingga terkadang membuat mereka tak bisa melakukan aktivitas apapun selama masa menstruasi tersebut, sebenarnya ada cara yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa nyeri datang bulan. Berikut ini beberapa yang dapat Anda coba, yaitu:

  1. Kompres bagian yang sakit, cara paling mudah yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri adalah dengan menggunakan kompres, umumnya ada 2 macam yang bisa Anda pakai, yaitu kompres dengan air dingin atau es maupun hangat, menyesuaikan saja dengan kondisinya.
  2. Minum yang hangat-hangat, dianjurkan untuk konsumsi sesuatu yang hangat seperti teh atau air jeruk hingga susu soya, ini efektif dalam merileksasikan Anda.
  3. Pastikan untuk rajin olahraga, salah satu hal yang menyebabkan rasa sakit tersebut adalah ketegangan, saat tubuh jarang melakukan olahraga tentunya masa haid menjadi saat yang menyakitkan, jadi biasanya olahraga secara teratur pada saat tak haid sekalipun ini adalah alternatif utama dalam menghilangkan rasa nyeri.
  4. Atur pola makan, masalah nyeri pada saat datang bulan juga bisa dikarenakan pola makan kurang baik, apalagi bagi yang menyukai konsumsi makanan pedas, sebaiknya mulai kurangi dan perbanyak sayur dan buah.
  5. Mandi menggunakan air hangat, alternatif lainnya dalam mengatasi nyeri yang disebabkan karena siklus bulanan ini adalah mandi menggunakan air hanta sehingga tiap sel-sel tubuh Anda menjadi lebih rileks.

Mudah bukan, jangan anggap remeh nyeri ini, apalagi cara tersebut tak mampu meredakannya Anda bisa langsung memeriksakan ke dokter.

Leave a Reply

%d bloggers like this: