Sedang Sariawan? Kenali Penyebabnya Supaya Diatasi dengan Tepat!

Sedang Sariawan? Kenali Penyebabnya Supaya Diatasi dengan Tepat!

Semua orang pasti pernah menderita sariawan, yakni kondisi beberapa bagian tubuh yang berlendir yang meradang. Sariawan atau stomatitis biasanya terjadi pada bibir, lidah, rongga mulut, hingga kepada mulut rahim atau serviks. Kebanyakan orang yang terkena sariawan biasanya terjadi pada lidah dan bisa dirasakan oleh semua orang. Mulai dari balita, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa dan sudah lanjut usia bisa terserang sariawan di bagian lidah.

Saat sariawan penderitanya akan merasa kesulitan menikmati santapan selezat apapun, terlebih yang pedas dan panas. Beberapa kondisi juga membuat penderitanya merasakan sakit saat hendak berbicara dan tentu sangat mengganggu. Sariawan sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni:

  1. Susunan gigi yang tidak sempurna,

Beberapa orang memiliki gigi yang susunannya tidak sempurna, sehingga terlihat kurang rapi dan pada kondisi tertentu. Susunan gigi ini menimbulkan gesekan antara gigi dengan lidah sehingga menyebabkan luka pada lidah dan menjadi mudah sekali terkena sariawan.

  1. Lidah yang tergigit,

Saat mengunyah makanan kadang tanpa sadar gigi menggigit lidah secara tidak terduga, dan meskipun hanya sekejap saja. Lidah sudah terluka oleh gigi yang tajam dan menjadi sebuah luka, perlahan akan berubah menjadi sariawan. Lidah sering tergigit tanpa sengaja apabila saat mengunyah makanan terlalu terburu-buru, maka sebaiknya dihindari. Usahakan makan secara perlahan dan dikunyah secara sempurna supaya makanan tersebut bisa dinikmati. Makan secara perlahan juga membantu sistem pencernaan tetap sehat sebab tidak bekerja keras mengolah makanan.

  1. Kadar vitamin C di dalam tubuh,

Vitamin C menjadi salah satu jenis vitamin yang memicu terjadinya sariawan, sehingga perlu menjaga asupannya. Konsumsi vitamin C harus seimbang sebab jika kadarnya berlebihan bisa memicu sariawan pada mulut. Sebaliknya saat tubuh kekurangan vitamin satu ini maka sariawan pun dapat menyerang secara tiba-tiba. Menjaga kecukupan kadar vitamin C dalam tubuh menjadi upaya terbaik untuk menghindari masalah kesehatan berupa sariawan. Namun kasus yang sering terjadi, penderita sariawan sering kekurangan vitamin C dan bukan karena sebaliknya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: