Sudahkah Anak Anda Diberikan Imunisasi Wajib?

Sudahkah Anak Anda Diberikan Imunisasi Wajib?

Kepada semua orangtua memiliki kewajiban untuk memberikan imunisasi kepada buah hatinya, dan diberikan secara bertahap. Sejak bayi baru lahir akan ada beberapa imunisasi yang sebaiknya diberikan dan selesai setelah mencapai usia anak-anak. Imunisasi memang merupakan bentuk perlindungan pada kesehatan buah hati sehingga bisa terhindar dari penyakit berbahaya. Pemberian imunisasi secara tepat dan sesuai kebutuhan akan memberikan manfaat jangka panjang kepada buah hati Anda.

Apa Saja Imunisasi yang Harus Diberikan?

Imunisasi di Indonesia ada yang sifatnya disubsidi oleh pemerintah sehingga diberikan tanpa perlu keluar biaya. Namun ada pula jenis imunisasi tertentu yang sifatnya wajib dan harus dengan biaya sendiri. Ada beberapa bentuk imunisasi wajib, dan beberapa adalah:

  1. Imunisasi hepatitis B,

Hepatitis B merupakan penyakit liver yang berbahaya dan hingga saat ini belum ditemukan pengobatan atau obat untuk menyembuhkannya. Penderitanya akan diberikan pengobatan sebagai pencegah komplikasi dan bukan untuk menyembuhkan. Sehingga penting sekali diberikan vaksin sejak bayi lahir supaya kebal terhadap serangan virus hepatitis B ini.

  1. Imunisasi polio,

Imunisasi polio menjadi salah satu jenis imunisasi yang disubsidi pemerintah, beberapa bulan lalu bahkan menjadi pekan imunisasi polio di Indonesia. Polio juga merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh serangan virus dan sangat berbahaya. Sebab virus polio menyerang saraf dan juga oto yang menyebabkan cacat atau lumpuh karena oto mengecil. Apabila sudah terjangkit maka akan menjadi lumpuh selamanya dan tidak bisa disembuhkan lagi. Pemberian vaksin atau imunisasi akan memberikan perlindungan dari penyakit berbahaya satu ini.

  1. Imunisasi campak,

Semua orang akan menderita campak sekali seumur hidupnya, dan setelahnya tidak akan terkena lagi dan disebabkan oleh virus. Pemberian imunisasi campak sangat penting dan dianjurkan setelah anak menginjak usia 9-10 bulan. Sebab ketika campak terjadi pada bayi maka akan rentan resiko terjadinya diare, radang otak, kejang, dan lain sebagainya. Sehingga rentan sekali bagi bayi untuk berada pada kondisi kritis sehingga perlu diberikan imunisasi sesuai aturan atau bisa dikonsultasikan dengan dokter atau bidan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: