Jenis-jenis Makanan Rendah Kalori Pengganti Nasi

Image result for health food tumblr

Sudah sedari dulu, kita mengenal nasi sebagai salah satu bahan makanan pokok mayoritas penduduk di Asia, terutama di Indonesia. Bahkan ada ungkapan yang lazim diutarakan, yaitu ‘belum kenyang jika belum makan nasi’. Ya, memang masyarakat kita cukup ketergantungan terhadap nasi. Tak heran jika diabetes masih menjadi salah satu pembunuh nomor satu di negara ini. Itu diakibatkan asupan nasi yang tidak terkontrol, karena nasi memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi, bahkan mencapai 88-89. Bagi Anda yang sedang diet atau ingin memulai hidup lebih sehat, yuk kita ganti asupan nasi dengan makanan rendah kalori pengganti nasi berikut ini:

 

1. Umbi-umbian.

Umbi-umbian merupakan salah satu makanan kategori rendah kalori, meski banyak yang memiliki rasa manis, namun kadar indeks glikemik yang terkandung di dalamnya masih tergolong dalam batas aman. Ganti nasi Anda dengan umbi-umbian seperti kentang, singkong, talas, ubi jalar, gembili, sukun hingga ganyong. Umbi-umbian ini selain mengandung kadar indeks glikemik yang rendah yakni antara 55 hingga 60 saja, juga mengandung beragam manfaat lain seperti kalsium yang tinggi, vitamin hingga antioksidan.

2. Jagung, gandum dan produk olahannya.

Jagung dan gandum juga merupakan produk pertanian di Indonesia sehingga tidak akan sulit menemukan kedua jenis makanan ini. Jagung dan gandum juga paling banyak olahannya. Baik jagung maupun gandum dapat dibuat serealia dan tepung. Gula jagung seperti Tropicana Slim Sweetener juga baik sebagai pengganti gula tebu. Produk olahan gandum utuh seperti oat, roti, mie dan pasta juga baik sebagai menu diet pengganti nasi.

3. Beras hitam dan beras merah.

Sudah bukan rahasia lagi jika kedua jenis beras ini sangat sehat dan menjadi makanan rendah kalori pengganti nasi putih terpopuler. Sebab seolah-olah kita sedang makan nasi biasa. Kedua jenis beras ini mengandung kadar GI yang jauh lebih rendah dari beras putih, kaya akan serat dan vitamin. Tropicana Slim hadirkan produk beras merah organik yang kaya akan kalsium dan zat besi serta lebih sehat karena organik, sangat tepat untuk menu diet dan penderita diabetes.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: