Obat Herbal Untuk Penanganan Awal Pada Diare

Simak 3 Tips Berikut untuk Bisa Memperbaiki Pola Makan

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang memang tegolong ringan akan tetapi cukup membahayakan apabila dibiarkan berkelanjutan. Oleh sebab itu, ketika seseorang mengalami diare, maka diharuskan untuk segera melakukan penanganan awal. Efek utama dari diare ialah tubuh penderitanya akan kehilangan banyak cairan serta dalam tingkat yang lebih parah, penderita harus segera mendapatkan pengobatan secara medis dari dokter. Akan tetapi jika diare masih menunjukkan tingkat yang tidak terlalu parah, langkah penanganan awal bisa dilakukan sendiri di rumah dengan beberapa obat herbal dari bahan alami yang bisa kita temukan dengan mudah di sekitar. Apa saja obat herbal tersebut ? Berikut ini antara lainnya :

  1. Cairan

Cairan adalah obat herbal yang pertama perlu untuk diberikan kepada penderita diare. Seperti yang disampaikan di atas bahwa efek dari diare bagi penderitanya adalah kehilangan cairan tubuh, sehingga cairan tubuh yang hilang karena terjadinya diare tersebut haruslah segera digantikan. Cairan bisa berupa air putih yang diminum 1 liter tiap jam dan berlangsung sekitar 1 sampai dengan 2 jam. Jika terus berkelanjutan, pemberian air putih dapat diteruskan hingga beberapa jam lagi. Selain air putih bisa juga minuman yang mengandung ion, oralit yang bisa dibuat dengan mudah hanya cukup mencampurkan air dengan gula dan garam.

  1. Daun Mint

Obat herbal berikutnya yang bisa dipilih untuk penanganan awal pada diare adalah daun mint. Daun mint punya kandungan yang bersifat sebagai pereda kram dan juga menenangkan otot yang mengalami iritasi. Sehingga daun mint bisa membantu untuk menghentikan masalah sering buang air besar yang terjadi saat diare. Untuk memanfaatkan daun mint sebagai obat herbal diare, anda bisa menyediakan beberapa daun mint dan seduh dengan 250 ml air panas. Diamkan hingga hangat, minum selagi hangat.

  1. Teh Chamomile dan Lemon

Teh chamomile serta lemon pun bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk penanganan awal pada diare. Teh chamomile sendiri mempunyai efek menenangkan usus saat diare. Diare yang terjadi dan bekaitan dengan stress maupun kecemasan pun bisa dibantu untuk diredakan dengan chamomile. Untuk memanfaatkannya dengan lemon, cukup seduh teh chamomile dengan 250 ml air panas dan kemudian beri sedikit perasan lemon. Minum selagi hangat.

  1. Jahe

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk diare adalah jahe. Jahe punya sifat sebagai anti inflamasi, dimana bekerja untuk menenangkan perut yang terjadi saat diare.

Leave a Reply

%d bloggers like this: