Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak – Temulawak yang merupakan tanaman khas berbentuk akar dan memiliki segudang manfaat. Temulawak ini, merupakan herbal asli dari Indonesia. Hidup dan tumbuh di tanah di atas ketinggian 5 sampai 750 meter di atas ketinggian laut. Lalu apa sajakah manfaat temulawak bagi kesehatan? Mari kita bahas satu persatu.

  1. Radang sendi

Manfaat pertama dari temulawak adalah mengurangi sakit akibat radang sendi. Beberapa peneliti dari India, temulawak telah dipercaya ribuan tahun untuk menghilangkan radang sendi. Seseorang yang mengalami radang sendi, dan meminum saripati temulawak selama 6 minggu berturut-turut akan mengurangi rasa sakit tersebut.

  1. Masalah pencernaan

Temulawak juga dipercaya dan sudah melewati berbagai macam uji coba dari para ahli yang menyebutkan bahwa temulawak si tanaman ajaib ini mampu mengatasi masalah pada pencernaan seperti perut kembung, dan produksi gas berlebih pada lambung. Hal ini dikarenakan temulawak memiliki zat yang diproduksi oleh tanaman ini dan mampu meningkatkan produksi empedu pada kantong empedu sehingga mampu meningkatkan performa pencernaan

  1. Lemak darah

Khasiat lain dari temulawak ini, mampu mengurangi lemak dalam darah. Zat kurkumuid yang di hasilkan oleh temulawak mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Sehingga mampu mengontrol dan menurunkan lemak jahat

  1. Kanker

Ini yang cukup mengejutkan, temulawak mampu melawan kanker. Penelitian pada University of Maryland Medical Center menuturkan bahwa, tanaman herbal ini mampu bekerja untuk menghentikan tumbuh suburnya pembuluh darah yang mensuplai pertumbuhan kanker dan juga hal tersebut merupakan efek pencegahan yang bisa jadi berasal dari aktivitas antioksidan yang mampu melindungi sel dari kerusakan parah.

  1. Fungsi hati

Zat katagoga yang diproduksi temulawak, mampu menjaga kesehatan fungsi hati. Dari uji laboratorium yang menyatakan bahwa temulawak, memberikan hasil enzim yang dapat berguna untuk menurunkan kadar SGOT dan SGPT pada dosis 15-30 mg kurkumin.

Itu tadi, beberapa manfaat mencengangkan dari temulawak yang belakangan ini sudah jarang sekali dimanfaatkan. Namun,  dengan manfaat luar biasa yang dihasilkannya akan menjadikan temulawak sebagai bahan dan jenis rempah tradisional yang akan makpu sekali mengatasi berbagai jenis penyakit dan tentunya sangat baik bagi kesehatan. Lalu, kenapa tidak di coba? Siapa tahu, bisa mengatasi penyakit yang mungkin saja sedang di derita oleh Anda. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: