Polusi Udara “Debu” penyebab jerawat

polusi udara

Jerawat adalah salah satu hal yang paling dibenci oleh kaum remaja juga orang dewasa, terutama kaum hawa. Jerawat dianggap sangat mengganggu penampilan luar. Sehingga banyak orang yang akan melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya. Jerawat akan muncul banyak saat masa pubertas dan terus berlanjut beberapa tahun tergantung pada kondisi kulit seseorang dan apa yang dikonsumsinya.

Penyebab Umum Munculnya Jerawat

Pada dasarnya jerawat timbul dari banyak hal. Jerawat memiliki banyak jenis, dan beberapa diantaranya ada yang berbahaya, karena dapat menimbulkan bekas luka yang permanen pada wajah. Jerawat dapat timbul dari beberapa sebab, seperti alergi terhadap makanan atau obat, faktor genetik, Bakteri dan kuman, polusi udara, radiasi sinar ultraviolet, kurangnya kebersihan pada kulit, dan debu jalanan.

Debu pada dasarnya terdiri dari banyak hal, tidak hanya tanah namun juga partikel yang berukuran sangat kecil dan tidak terlihat mata dapat disebut sebagai debu. Dengan ukuran yang sangat kecil, debu dengan mudah akan masuk ke dalam pori-pori kulit atau bahkan terhisap saat kita bernapas.

Bagaimana debu menyebabkan jerawat? Debu dapat menyebabkan jerawat pada kulit ketika sudah mulai menempem dan masuk ke dalam pori-pori wajah. Seperti yang sudah dijelaskan, debu adalah partikel kecil yang berbahaya bagi kesehatan kulit, debu menjadi berbahaya karen atelah bercampur dengan berbagai polusi udara sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Maka dari itu, dapat dilakukan cara-car sederhana untuk mencegah jerawat yang ditimbulkan oleh debu :

  1. Gunakan masker

Dampak polusi udara dan debu dapat dicegah dengan penggunaan masker pada wajah. Debu yang menempel pada wajah akan berkurang dibandingkan tidak memakai masker, yang berarti juga meminimalisir timbulnya jerawat akibat debu udara. Selain itu, penggunaan masker juga dapat menghindarkna kita dari masalah pernapasan akibat polusi udara yang kotor.

  1. Minimalisir penggunaan makeup

Penggunaan make up yang berlebihan juga dapat menyebabkan debu menempel pada wajah. Kualitas make up yang buruk dan tidak cocok pada wajah Anda juga akan berpengaruh pada timbulnya jerawat. Jika kulit anda sensitif, maka gunakanlah make up khusus agar meminimalisir timbulnya jerawat

  1. Mencuci bersih wajah setelah bepergian keluar rumah

Mencuci wajah setelah anda beraktivitas di luar rumah juga dapat meminimalisir melekatnya debu pada kulit wajahdan akan mengurangi dampak polusi udara pada kulit, jangan lupa gunakan sabun wajah yang baik dan cocok untuk kulit anda.

  1. Mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang mengadung antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Perlunya makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi dapat sangat berguna bagi kulit, terutama untuk mengendalikan hormon penyebab jerawat, dapat menangkal radikal bebas dan juga mencegah dampak poluis udara semakin parah pada kulit.

Leave a Reply

%d bloggers like this: