Jenis-Jenis Sari Cuka Apel

Sari cuka apel

Cuka apel adalah sejenis cuka yang terbuat dari sari apel. Cara pembuatannya adalah dengan melakukan proses fermentasi pada sari buah apel. Cuka apel tidak hanya berfungsi untuk membuat masakan jadi lebih nikmat, tapi juga dinilai baik untuk kesehatan karena mengandung banyak zat potassium. Menurut para ahli, potassium adalah zat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Ada banyak jenis sari cuka apel yang diproduksi dan beredar di pasaran. Jenis sari cuka apel ini berbeda satu sama lain karena terbuat dari bahan baku yang berbeda. Anda dapat memilih sari cuka apel sesuai kebutuhan Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis sari cuka apel.

  1. Sari cuka apel murni

Sari cuka apel murni dibuat dengan bahan baku buah apel saja tanpa mencampurkannya dengan bahan makanan lainnya. Sari cuka apel murni memiliki rasa buah apel yang kuat. Kualitasnya tergantung pada kualitas apel yang digunakan dan cara pengolahannya.

Sari cuka apel murni dapat dicampurkan ke dalam masakan dan juga dapat dijadikan minuman dengan cara mencampurkannya dengan air dan madu atau gula. Anda disarankan untuk tidak meminum sari cuka apel secara langsung tanpa dicampur air karena sifat asam yang dimiliki oleh sari cuka apel sangat kuat sehingga dapat mengganggu pencernaan Anda.

  1. Minuman sari cuka apel

Sari cuka apel dapat dibuat menjadi sejenis minuman ringan. Beberapa produsen sari cuka apel menambahkan pemanis pada produk sari cuka apel yang mereka buat seperti dengan memberikan campuran madu atau gula.

Ada dua varian minuman sari cuka apel. Ada yang bisa diminum langsung, ada pula yang perlu dicampur dengan air terlebih dahulu.

  1. Sari cuka apel beralkohol

Beberapa pabrik yang membuat sari cuka apel menambahkan alkohol dengan kadar tertentu ke dalamnya. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan cita rasa yang berbeda.

Sari cuka apel beralkohol bisa digunakan sebagai campuran bahan masakan, bisa pula dijadikan sebagai minuman. Karena harganya yang lebih terjangkau, beberapa orang lebih memilih sari cuka apel beralkohol daripada minuman beralkohol lainnya.

  1. Cuka apel hitam

Sebenarnya jenis ini bukan termasuk sari cuka apel. Karena cuka apel hitam tidak terbuat dari sari buah apel melainkan terbuat dari cuka hitam yang diberi rasa apel. Anda harus cermat sebelum membeli, karena cuka apel hitam memiliki kandungan dan kasiat yang berbeda dengan sari cuka apel original.

Meskipun demikian, cuka apel hitam juga bisa digunakan pada masakan dan memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh seperti asam amino, vitamin dan mineral.

Selain mengenali jenis-jenis sari cuka apel, Anda juga sebaiknya mengetahui cara memilih cuka apel yang baik. Beberapa kiat yang bisa menjadi rujukan Anda antara lain adalah:

  • Pilihlah sari cuka apel yang dikemas dalam botol kaca
  • Pilihlah sari cuka apel yang penampilannya keruh
  • Jangan memilih sari cuka apel yang bertuliskan “berperisa apel”
  • Hindari memilih sari cuka apel yang dibuat di Cina atau Tiongkok
  • Pilihlah sari cuka apel organik yang bersertifikat non-gmo (non-genetically modified organisms)
  • Hindari memilih sari cuka apel yang telah berumur lebih dari lima tahun

Demikianlah beberapa penjelasan tentang jenis-jenis sari cuka apel dan kiat-kiat yang bisa Anda gunakan untuk memilih sari cuka apel yang baik dan berkualitas. Selalu periksa sebelum membeli, agar Anda mendapatkan produk sari cuka apel yang sesuai dengan keinginan Anda. Sari cuka apel memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, maka pilihlah yang benar-benar berkualitas.

Leave a Reply

%d bloggers like this: